Kreator


Kreator adalah salah satu legend di scene metal yang berasal dari jerman bersama Sodom dan Destructor. Di bentuk pertama kali dengan nama Tyrant pada tahun 1982 di kota Essen, sebuah kota kecil di jerman dengan personel awal Mille petroza (vokal/gitar), Jurgen “ventor“ reil (drum), dan Rob fiorreti (bass). Beberapa saat kemudian mereka mengubah nama band dan merilis dua buah demo. Pada tahun 1985 mereka bergabung dengan Noise records dan merilis album pertama mereka yang berjudul “Endless pain“ cuman dalam 10 hari.

Kemudian mereka melakukan tour dengan mengontrak gitaris Michael wulf (Sodom) sebagai additional player mereka. Album kedua mereka “Pleasure to kill” yang dirilis pada tahun 1986 meledak dan dianggap sebagai salah satu album thrash metal yang klasik juga album metal yang tercepat dan tercadas. Album ini juga menunjukkan kehebatan skill dan talenta mereka, dengan lagu hit seperti “Flag of hate” media-media musik pada waktu itu kemudian memuji mereka sebagai “the most promising up and coming European metal act”.

Selanjutnya pada tahun 1987 dengan tambahan personel baru yaitu gitaris Jorg trzebiatowski mereka merilis “Terible certainty” . Dengan aransemen lagu yang komplek dan tempo yang bervariasi, banyak fans yang menganggap bahwa ini adalah album terbaik dari Kreator. Lagu hit seperti “Behind the mirror” semakin membuat popularitas mereka menanjak.Dan karena merasa cukup mapan secara financial, pada tahun itu juga mereka merilis sebuah ep yang berjudul “ Out of the dark, into the light”. Pada tahun 1988 Kreator menandatangani kontrak dengan major label Epic records dan mengawali debut mereka dengan label tersebut dengan merilis album “ Extreme aggression”. Dengan membawa formula yang sama dengan album “Terible certainty” tapi dengan progesivitas secara musical dan proses produksi yang lebih baik membuat album ini menjadi hit. Kemudian untuk pertama kalinya pada album ini Kreator membuat sebuah video klip dari single “Betrayer” yang langsung menjadi hit ketika di putar di Mtv Headbangers ball. Setelah tour bersama Suicidal Tendencies di amerika, mereka kemudian menjadi lebih popular di luar eropa. Tahun 1990 paerjalanan mereka diawali dengan hengkangnya gitaris Jorg trzebiatowski yang kemudian di gantikan oleh Frank gosdzik (ex-Sodom) dan merilis album “Coma of souls”.

Walaupun di sambut dengan baik, album ini kurang mendapat respon yang bagus dari fans yang berharap album ini akan lebih bagus dari beberapa album sebelumnya (banyak fans yang menganggap album ini banyak perubahan dan terlalu repetitive). Di era tahun 90 an banyak band-band seperti Metallica, Anthrax, dan Megadeth mulai merubah karakter musik mereka agar bias lebih diterima secara komersial. Tak terkecuali Kreator yang mulai berejsperimen dengan elemen industrial yang pada tahun 1992 menghasilkan sebuah album yang berjudul “Renewal” Ketika mereka mencoba menjangkau fans base yang lebih luas, kekecewaan justru dating dari fans loyal mereka yang menganggap bahwa Kreator sudah “sell out”.

Setelah merilis album ini Kreator mulai menemui banyak cobaan, seperti hengkangnya Rob fiorreti (bass) yang kemudian digantikan oleh Andreas Herz. Kemudian disusul dengan hengkangnya Ventor reil (drum) pada tahun 1994 yang meninggalkan Petroza sebagai satu-satunya personel asli dari band ini yang kemudian digantikan oleh Joe cangelosi. Tidak sampai di situ, pada tahun 1995 Andreas herz keluar dari band dan digantikan oleh Christian Gisler. Dan yang makin membuat keadaan semakin buruk adalah diputusnya kontrak mereka dengan Epic record dan disusul dengan sambutan buruk dari para fans dari perilisan album baru mereka di Gun records “Cause for conflict” yang dinilai aleh banyak fans sebagai album yang tidak focus dan tanpa arah. Belum menyerah dengan eksperimennya, pada tahun 1996 mereka merilis dua buah album yaitu “Outcast” dan “Endorama” yang banyak mengandung unsure Gothic dan Ambient. Pada album itu ditandai dengan hengkangnya Frank godszik (gitar) dan Joe cangelosi (drum) yang kemudian digantikan oleh Tommy vetterli dan Ventor reil (personel awal). Pada tahun 2001 mereka merilis album “Violent revolution” yang mendapat sambutan hangat dari fans merka yang senang karena pada album ini Kreator Kembali ke karakter sejati mereka yaitu Thrash Metal.Pada tahun 2003 mereka merilis album live yang berjudul “Live kreation” dan disusul pada tahun 2005 dengan merilis album “Enemy of god”.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com