Carlos Santana

Nama asli: Devadip Carlos Santana
Lahir: 20 Juli 1947 di Autlan De Navarro, Mexico
Genre: Rock
Instrumen: Vokal, Guitar (Electric), Guitar
Meksiko-Amerika kelahiran gitaris Carlos Santana dikenal sebagai pemimpin dari band yang menyandang nama terakhir, yang telah berhasil melakukan tur dan dicatat sejak akhir tahun 60-an. Ia juga mencatat serangkaian eksplorasi album solo dan kolaborasi dengan musisi lain yang mengembangkan musik pada dasarnya gaya.

Carlos Santana dibesarkan di Meksiko, putra dari seorang ayah yang adalah seorang pemain biola mariachi. Ia mengambil biola pada lima, tapi di delapan beralih ke gitar. Keluarganya pindah ke Tijuana, di mana ia mulai bermain di klub dan bar. Pada awal tahun 60-an, keluarganya pindah ke San Francisco. Santana pada awalnya tetap di Tijuana, tetapi ia kemudian bergabung dengan mereka dan dihadiri Misi High School, lulus pada Juni 1965. Pada tahun 1966, ia adalah salah satu pendiri Santana Blues Band. Meskipun nama, kelompok ini pada awalnya kolektif; hal ini merupakan persyaratan untuk nama pemimpin nominal karena ketentuan para musisi serikat. Nama itu akhirnya diperpendek menjadi Santana dan band memulai debutnya di Fillmore West teater di San Francisco pada 16 Juni 1968. Pada bulan September, Carlos bermain gitar di sebuah konser yang diselenggarakan di Fillmore West oleh Al Kooper untuk merekam tindak lanjut ke Super Sesi album yang telah menampilkan dirinya dengan Mike Bloomfield dan Steve Stills. Hasilnya adalah The Live Adventures of Mike Bloomfield dan Al Kooper, yang menandai debut rekaman Santana.

Sementara itu, Santana telah ditandatangani ke Columbia Records dan merekam debut album. Pada titik ini, adalah kelompok musik untuk enam orang yang terdiri dari Carlos (gitar), Gregg Rolie (kibor dan vokal), David Brown (bas), Michael Shrieve (drum), Jose "Chepito" Wilayah (perkusi), dan Michael Carabello (perkusi ). Santana berkeliling AS sebelum rilis album, termasuk penampilan terkenal di festival Woodstock dirayakan pada bulan Agustus 1969 yang direkam dan dicatat. Santana dirilis bulan yang sama, dan itu menjadi hit besar, begitu pula dengan tindak lanjut Abraxas (1970) dan Santana III (1971). Setelah menyelesaikan kegiatan rekaman dan tur dalam kaitannya dengan Santana III, Santana asli band bubar.

Carlos mempertahankan hak atas nama grup dan dia melanjutkan untuk memimpin sebuah band bernama Santana dari itu, meskipun terdiri dari dirinya sendiri dan selalu berubah mempekerjakan koleksi musisi. Rekaman pertamanya setelah pecahnya kelompok asli pertunjukan live dilakukan di Hawaii dengan penyanyi dan drummer Buddy Miles, dirilis pada bulan Juni 1972 sebagai Carlos Santana & Buddy Miles! Hidup! Konsisten dengan keberhasilan band Santana, album sampai di Top Ten dan akhirnya pergi platina. Menyusul rilis dari album band Santana losmen (1972), Carlos membentuk duo dengan John McLaughlin, gitaris untuk Mahavishnu Orchestra. Dua bersama seorang pemimpin spiritual di Sri guru Chinmoy, yang diberikan kepada nama Carlos Devadip, yang berarti "mata, lampu, dan cahaya Allah." Devadip Carlos Santana dan Mahavishnu John McLaughlin's duet album Menyerah Pengabdian Cinta dirilis pada bulan Juni 1973. Mencapai Top 20 dan akhirnya pergi emas. Setelah melepaskan proyek band Santana lain, Selamat Datang, Carlos berikutnya bekerja sama dengan murid agama lain, Turiya Alice Coltrane, janda John Coltrane, untuk ketiga album duo. Kolaborasi mereka, Illuminations, dirilis pada bulan September 1974; itu menghabiskan waktu dua bulan di tangga lagu, memuncak di dasar seperempat dari Top 100.

Carlos Santana terfokus pada band untuk sebagian besar sisa tahun 1970-an, melepaskan serangkaian emas atau platinum album: Borboletta (1974), Amigos (1975), Festival (1976), Moonflower (1977), dan Inner Secrets (1978) . Pada Februari 1979, ia akhirnya merilis album solo nyata, yang setengah hidup, setengah-studio Keesaan / Gold Dreams - Golden Realita, sebenarnya dikreditkan ke Devadip. Seperti Illuminations, ia menghabiskan beberapa bulan di tangga lagu dan memuncak pada seperempat bagian bawah Top 100. Setelah emas lain band Santana album, Marathon (1979), ia kembali ke solo bekerja dengan double-LP Pengumpulan jazz swing yang penuh kenikmatan pada bulan Agustus 1980. Menampilkan seperti tamu seperti Herbie Hancock, Wayne Shorter, dan Ron Carter, itu dijual sedikit lebih baik daripada album solo sebelumnya. Dua band Santana album, Zebop! (1981) dan Shango (1982), diikuti sebelum Carlos merilis lebih berorientasi pop solo usaha, Havana Moon, pada bulan April 1983. Menampilkan Willie Nelson, Booker T. Jones, dan Fabulous Thunderbirds, album mencapai Top 40, benar-benar menunjukkan yang lebih baik daripada band Santana album berikutnya, Beyond Penampilan (1985). Pada tahun 1986, Carlos melakukan skor musik pertamanya, menulis musik untuk film biografi Ritchie Valens La Bamba. Ia kemudian membuat album band Santana lain, Freedom (1987), dan mengikutinya pada Oktober 1987 dengan album solo, Blues for Salvador. Album ini tidak menjual dengan baik, tapi judul lagu pertamanya Carlos memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance. Setelah album terakhir band Santana untuk Columbia Records, Spirits Dancing in the Flesh (1990), Carlos meninggalkan label dan menandatangani kontrak dengan Polydor, yang memberinya label kustom sendiri, Nyali dan Grace. Santana pertama band album untuk perusahaan baru, Milagro, diikuti oleh apa yang diproyeksikan akan menjadi serangkaian rilis rekaman dari Carlos 'koleksi sendiri musisi favoritnya, Live Forever: Sacred Sumber 1, yang menampilkan Jimi Hendrix, Marvin Gaye, Bob Marley, Stevie Ray Vaughan, dan John Coltrane. Lalu datanglah seorang Santana album live band (Sacred Fire - Live di Amerika Selatan, 1993) dan pada bulan September 1994, dirilis Carlos Santana Brothers, sebuah album trio juga menampilkan saudaranya Jorge Santana dan keponakan mereka, Carlos Hernandez. It memetakan sebentar dan dinominasikan untuk Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance.

Carlos menghabiskan hampir lima tahun dari rekaman, tidak kembali hingga Juni 1999 ketika ia mengeluarkan Supernatural di Arista Records. Santana band yang Album ini menampilkan banyak lagu bersama-ditulis oleh bintang tamu seperti Rob Thomas dari kotak korek api 20, Eric Clapton, Lauryn Hill, dan lain-lain. Mondar-mandir oleh nomor satu single "Smooth" dan "Maria Maria," album menjadi hit terbesar dari karier Santana, menjual ke atas dari sepuluh juta kopi. Santana ini juga memenangkan delapan Grammy Awards.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com